numpang nonggol ya bunda...

Senin, 15 Maret 2010

Apakah Rokok Itu ???

Asap rokok mengandung banyak zat-zat berbahaya, kurang lebih ada 4000 elemen 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Zat berbahaya yang utama antara lain Tar, Nikotin dan karbonmonoksida





1. Tar
Mengandungi sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanser (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene yaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai agen yang memulakan proses kejadian kanser.
2. Nikotin
Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin, dibensokan basol dan nitrosamine-lah yang bersifat karsinogenik. Nikotin merupakan salah satu jenis obat perangsang yang dapat merusak jantung dan sirkulasi darah, nikotin membuat pemakainya kecanduan. Selama beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membuktikan bahwa zat-zat kimia yang dikandung asap rokok dapat mempengaruhi orang-orang tidak merokok di sekitarnya. Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru dan jantung koroner. Lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi pengidap penyakit : Angina, Asma dan Alergi.
3. Karbon monoksida
Karbon monoksida (CO) adalah gas yang tidak memiliki bau. Unsure ini dihasilkan oleh pmbakaran yang tidak sempurna dari unsure zat arang. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3-6%, gas ini dapat dihisap oleh siapa saja. Perokok aktif akan menghisap 1/3 bagian saja yaitu arus yang tengah (midstream) sedangkan arus pingir (side-stream) akan tetap berada diluar. anSesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia menghembuskan lagi keluar.
Gas CO mempunyai kemampuan mengikat Hb yang terdapat dalam sel darah merah lebih kuat dibanding oksigen sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen yang telah berkurang, ditambah el darah merah akan semakin kekurangan O2, oleh karena yang diangkut adalah CO bukan oksigen, sehingga sel kekurangan oksigen.
4. Zat-zat beracun lainnya adalah
• Amoniak (bahan pembersih lanai)
Merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Zat ini tajam baunya dan sangat merangsang. Begitu kerasnya racun yang ada pada amoniak ini sehingga jika msuk sedikit saja dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.
• Naftalen (zat kapur barus)
• Hydrogen sianida /HCN(racun yang digunakan untuk pelaksanaan hukuman mati)
Merupakan sejenis gas yang tidak berbau, berwarna dan tidak berasa, merupakan zat yang paling ringan, mudah terbakar dan sangat eficien untuk menghalangi pernafasan dan merusak saluran pernafasan. Sianida adalah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja sianida dimasukkan langsung kedalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.
• Aseton (penghapus cat kuku)
• Toluen (pelarut)
• Methanol (bahan bakar roket)
Adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.
• Arsenik (racun semut)
• Butan (bahan bakar korek api)
• Kadmium (bahan aki mobil)
Kadmium adalah zat yang dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal
• DDT (racun serangga)
• Vinil klorida (bahan plastic)
• Asam format
Merupakan sejenis cairan yang tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lumpuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. Zat ini dapat menyebabkan seseorang merasa seperti digigit semut
• Nitrous oxide
Merupakan sejenis gas yang tidak berwarna dan bila terhisap dapat mnyebabkan hilangnya pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Nitrous oxide ini adalah sejenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh dokter
• Formaldehid
Sejenis gas yang tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organism hidup.
• Fenol
Fenol adalah campuran dari Kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang serta diperoleh dari tar arang. Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim
• Asetol
Asetol adalah hasil pemanasan aldehid dan mudah menguap dengan alcohol.
• Hydrogen Sulfida
Sejenis gas yang beracun dan gampang terbakar dengan bau yang keras. Zat ini menghalangi oksidasi enzim(zat besi yang berisi pigmen)
• Piridin
Sejenis cairan yang tidak berwarna demgan bau tajam. Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
• Metil Klorida
Merupakan campuran dari zat-zat bervalensi 1 antara hydrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. Zat ini adalah senyawa organic yang beracun. (http://teyhirafarm.wordpress.com)
Orang yang tidak merokok tetapi terpaksa menghirup asap rokok orang lain dinamakan perokok pasif. Perokok pasif terancam bahaya lebih besar dari pada sipenghisap rokok atau perokok aktif. Sebab tubuh perokok pasif tidak memiliki Antibodi zat racun rokok. Akibatnya racun dari asap rokok akan langsung terserap dalam tubuh. Berbeda dengan perokok aktif. Karena telah menghisap rokok selama bertahun-tahun, tubuh perokok aktif telah membentuk antibody yang dapat mengurangi penyerapan racun dalam tubuh.
Secara spesifik dampak zat-zat bebahaya dalam asap rokok bagi kesehatan pada perokok pasif antara lain :
A. Pengaruh asap rokok pada kesehatan reproduksi
Gangguan haid (early menopause)
Kehamilan diluar kandungan
Infertile/ mandul (karena nikotin menghambat proses pelepasan sel telur)

B. Pengaruh asap rokok pada wanita hamil
Keguguran
Asap rokok berpengaruh terhadap kadar vitamin C pada plasma darah yang menimbulkan jaringan ikat leher rahim akan hilang ketahanannya.
Wanita hamil yang merokok atau menjadi perokok pasif, meyalurkan zat-zat beracun dari asap rokok kepada janin yang dikandungnya melalui peredaran darah. Nikotin rokok menyebabkan denyut jantung janin bertambah cepat, karbon monoksida menyebabkan berkurangya oksigen yang diterima janin.
Bayi lahir premature
Karena nikotin dan tar kadar vitamin C yang menurun menganggu pembentukan kolagen akibatnya rahim kontraksi dan infeksi sehingga pertumbuhan janin terhambat.
Perdarahan
Kecacatan
Terjadi karena ibu hamil menghisap asap rokok, janin juga menghisap racun dan sangat berpengaruh pada gizi yang diasup bayi tersingkir karena cemaran asap rokok.

C. Pengaruh asap rokok pada bayi dan anak-anak
Lebih mudah lelah
Mendapat jangkitan paru-paru
Pertumbuhan paru-paru kanak-kanak terganggu
Mudah menjadi perokok apabila dewasa kelak
Masalah pada pernafasan
Leukemia
Kanker otak
Sindrom kematian
Anak-anak yang orangtuanya merokok menghadapi kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit dada, infeksi telinga, hidung dan tenggorokan. Dan mereka punya kemungkinan dua kali lipat untuk dirawat di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan mereka.

Menurut jangka waktu, efek asap rokok dibedakan menjadi efek jangka pendek dan jangka panjang.
A Efek jangka pendek asap rokok pada perokok pasif
Denyut nadi dan tekanan darah meningkat
Peristaltic menurun sehingga nafsu makan menurun
Sirkulasi darah berkurang baik ke sel maupun jaringan/ organ
B Efek jangka panjang asap rokok pada perokok pasif
Gangguan saluran nafas (menganggu silia sehingga paru mudah terinfksi)
Asma (proses alergi berkepanjangan, masuknya asap rokok sebagai benda asing menimbulkan reaksi alergi)
Sistim pembuluh darah dan jantung
Alat reproduksi (berat bayi lahir rendah, komplikasi kehamilan, infertilitas, cacat janin, kematian janin mendadak, impotensi)
Penurunan imunitas seluler.
Densitas / ketebalan dan kekompakan tulang menurun sehingga terjadi osteoporosis/ pengeroposan tulang.
Kerusakan lensa mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar